Selasa, 13 Desember 2011

asbabul wurud (tanda islam)

tanda islam: engkau bersaksi bahwa tidak ada tuhan kecuali Allah dan bahwa Muhammad utusan-Nya, engkau mendirikan shalat, engkau mengeluarkan zakat dan engkau meninggalkan syirik".

diriwayatkan oleh: Al Baihaqi di dalam "As Syu'ab" dari Bahaz bin Hakim dari ayahnya, dari kakeknya (Mu'awiyah bin Hayyadah).

sababul wurud:
kata Mu'awiyih bin Hayyadah, dia telah menemui Rasulullah, katanya
: "Ya Rasulullah, aku tidak datang kepadamu sehingga aku bersumpah demi jari-jariku ini agar aku tidak mengikutimu dan tidak mengikuti Agamamu. sesungguhnya aku menghadapi persoalan yang aku sendiri tidak mengetahuinya kecuali apa yang telah diajarkan Allah dan Rasul-Nya kepadaku. aku bertanya kepadamu tentang Allah berdasarkan Agama yang kau bawa kepada kami". Rasulullah bersabda: "duduklah". kata Rasulullah selanjutnya: "Aku diutus degan membawa Islam". aku (Umayyah) bertanya: apa tanda islam itu? jawab Rasulullah: tanda Islam: engkau...dst

kelengkapan Hadits tersebut berbunyi: "sesungguhnya setiap Muslim atas Muslim lainnya terpelihara, merupakan dua saudara yang harus saling menolong. Allah tidak akan menerima amal seorang musyrik. dan Tuhanku telah bertanya kepadaku apakah hal ini telah disampaikan oleh orang-orang yang hadir di antaramu kepada orang yang tidak hadir. sesungguhnya kalian akan ditanya tentang apa yang dikatakan oleh mulutmu. dan mulutmu itulah yang mula-mula akan ditanya, maka jaga dan peliharalah ia". aku (Mu'awiyah) bertanya: ya Rasulullah apakah ini Agama kami?"
jawab beliau : "Ya"

keterangan:
Ibnu Ma'in telah ditanya orang tentang Bahaz; katanya, isnad Hadits ini shahih, jika orang-orang selain Bahaz tsiqat (dapat dipercaya).

sumber:
ASBABUL WURUD latar belakang historis timbulnya hadits-hadits Rasul 1
oleh: ibnu hamzah al husaini al hanafi ad damsyiqi
diterjemahkan oleh: H.M. Suwarta Wijaya, B.A dan Drs. Zafrullah salim
dicetak oleh: radar jaya offset jakarta
penerbit: kalam mulia, jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar